Berita Dunia Islam Terdepan

Hari ini Hagia Sophia digunakan untuk Sholat Jumat berjamaah untuk pertama kalinya

151

Support Us

ISTANBUL (Arrahmah.com) – Sholat Jumat akan diadakan di bangunan bersejarah Hagia Sophia di Istanbul untuk pertama kalinya sejak bangunan tersebut dikembalikan fungsinya menjadi Masjid setelah puluhan tahun menjadi museum.

“Muslim sangat senang, semua orang ingin hadir pada pembukaan,” ujar Gubernur Istanbul Ali Yerlikaya, seperti dilansir BBC (24/7/2020).

Situs Warisan Dunia Unesco yang berusia 1.500 tahun menjadi museum pada tahun 1934, sejak Turki berubah menjadi negara sekuler yang dipimpin Mustafa Kemal Attaturk.

Namun awal bulan ini, pengadilan Turki membatalkan status museum Hagia Sophia, dengan mengatakan bahwa penggunaannya selain Masjid adalah “tidak mungkin secara hukum”.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan kemudian mengumumkan bahwa situs yang terkenal di dunia itu akan digunakan sebagai Masjid untuk sholat Jumat mulai 24 Juli.

Dalam pidato yang disiarkan televisi pada hari Kamis, Gubernur Yerlikaya mendesak mereka yang menghadiri sholat berjamaah pada hari Jumat agar membawa “masker, sajadah, kesabaran dan pengertian” sebagai langkah-langkah untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

Dia menambahkan bahwa petugas layanan kesehatan akan tersedia di lokasi.

Menteri Urusan Agama Turki, Ali Erbas, mengatakan bahwa sekitar 1.000 orang akan dapat menghadiri sholat di lokasi pada satu waktu.

Dia mengatakan bahwa “modifikasi” telah dibuat di dalam dan bahwa “pengaturan taman” telah disiapkan, menambahkan bahwa situs itu akan tetap buka hingga malam.

Sebuah karpet pirus diletakkan di lantai untuk mempersiapkan sholat berjamaah dan simbol-simbol Kristen dilaporkan ditutupi dengan tirai putih atau dikaburkan oleh pencahayaan.

Rasa gembira memenuhi jagat dunia maya atas pembukaan Masjid Hagia Sophia hari ini.

Para pekerja tengah mempersiapkan Masjid. (Foto: Reuters)
Ummat Muslim bermalam di pelataran Masjid. (Foto: Twitter)

Akun Ambreena Syed mengucapkan selamat karena setelah 86 tahun menunggu, mereka akhirnya bisa melaksanakan sholat Jumat di Masjid bersejarah tersebut.

Sementara Abu Isa Alnoshai memamerkan sebuah papan nama Masjid Agung Hagia Sophia yang baru dipasang di depan tempat ibadah tersebut dan membuat ummat Islam bisa kembali sholat.

Netizen lain kemudian mem-posting sebuah status yang viral dengan banyaknya jamaah yang rela menanti dari malam hari, menginap di halaman Hagia Shopia, untuk menanti Sholat Jumat berjamaah pertama kalinya di Hagia Sophia.

Akun bernama Noviazura juga ikut-ikutan memamerkan foto pengurus masjid sedang memasang sejadah baru di Masjid Hagia Sophia. (haninmazaya/arrahmah.com)

 

Iklan

Iklan

Iklan