Berita Dunia Islam Terdepan

Erdogan kunjungi Hagia Sophia beberapa hari sebelum sholat Jumat perdana

258

Support Us

ISTANBUL (Arrahmah.com) – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melakukan kunjungan mendadak ke Hagia Sophia pada Ahad (19/7/2020) hanya beberapa hari sebelum sholat Jumat perdana akan digelar di bangunan tersebut yang kembali menjadi Masjid di bawah putusan pengadilan pekan lalu.

Dalam kunjungan kilat yang dianggap sebagai inspeksi, Erdogan mengecek perkembangan pekerjaan konversi.

Diyanet, otoritas agama di negara itu, mengatakan simbol-simbol Kristen akan ditutup dan tidak dinyalakan “melalui sarana yang tepat selama waktu sholat”, lansir AFP.

Tidak jelas apakah Erdogan ikut menghadiri sholat Jumat berjamaah perdana di Masjid tersebut pada 24 Juli mendatang, yang disebut-sebut akan dihadiri sekitar 500 orang.

Pengadilan tinggi Turki membuka jalan bagi konversi dalam keputusan untuk mencabut status museum yang diberikan hampir seabad lalu.

Awal pekan ini, Diyanet mengatakan gedung itu akan terus dibuka untuk semua pengunjung di luar jam yang diberikan untuk sholat.

Erdogan mengatakan tahun lalu bahwa merupakan kesalahan yang sangat besar untuk mengubah Hagia Sophia menjadi museum. (haninmazaya/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah