Berita Dunia Islam Terdepan

Banjir muson, tanah longsor menewaskan sedikitnya 221 di Asia Selatan

142

Support Us

NEW DELHI (Arrahmah.com) – Banjir dan tanah longsor yang dipicu oleh hujan lebat telah menewaskan sedikitnya 221 orang di seluruh Asia Selatan selama sebulan terakhir, kata para pejabat, Jumat (17/7/2020), sebagaimana dilansir Arab News.

Lebih dari 1 juta orang telah terdampar di Nepal, Bangladesh dan India dan ratusan ribu orang meninggalkan rumah mereka ke tempat yang lebih tinggi.

Para pejabat India mengatakan, banjir dan tanah longsor menewaskan 16 orang lebih di timur laut dan delapan orang tewas dalam reruntuhan di Mumbai, menyebabkan jumlah korban tewas di negara itu menjadi 101.

Nepal melaporkan sedikitnya 117 kematian selama sebulan terakhir dan Bangladesh melaporkan ada tiga orang tewas.

Delapan orang tewas saat dua bangunan runtuh di Mumbai pada hari Kamis (16/7/2020), kata ruang kontrol layanan pemadam kebakaran India pada hari Jumat.

Salah satu bangunan rusak dan sebagian besar penduduk telah mengosongkannya untuk diperbaiki tetapi beberapa keluarga tetap tinggal, kata petugas pemadam kebakaran. Enam orang tewas di sana.

Hujan menyebabkan Sungai Brahmaputra, yang mengalir melalui Tibet, India, dan Bangladesh, meluap di negara bagian Assam di India akhir bulan lalu, menggenangi sebagian besar negara bagian itu, memicu tanah longsor dan menggusur sekitar 3,6 juta orang, kata para pejabat.

(ameera/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Iklan