Berita Dunia Islam Terdepan

Support Us

Libya: Mesir kirimkan senjata untuk Haftar

576

TRIPOLI (Arrahmah.com) – Tentara Libya mengatakan pada Rabu (15/7/2020) bahwa mereka telah melihat pengiriman perlengkapan militer dari Mesir ke kota Tobruk di timur laut Libya.

Perkembangan baru terjadi tak lama setelah panglima perang Khalifa Haftar mengatakan pasukannya sedang bersiap untuk “pertempuran besar” di dekat kota Sirte dan al-Jufra.

Gambar yang diterbitkan oleh Operation Volcano of Rage yang dipimpin pemerintah menunjukkan orang-orang berseragam militer berdiri di samping kendaraan yang membawa senjata dan peralatan militer.

Namun, tentara Libya tidak memberikan perincian lebih lanjut.

Pada 8 April, tentara Libya merilis foto-foto sebuah kapal Mesir yang tiba di pelabuhan Tobruk membawa 40 kontainer amunisi untuk Haftar.

Juga, tahun lalu pada 6 Juni, tentara Libya merilis foto-foto perlengkapan militer dan amunisi yang tiba melalui darat dari Mesir untuk mendukung milisi Haftar.

Pada Juni, Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi menyarankan bahwa Kairo dapat meluncurkan “misi militer eksternal” ke Libya “jika diperlukan,” mengatakan bahwa “setiap intervensi langsung di Libya telah menjadi sah secara internasional.”

Al-Sisi mengatakan kota Sirte dan pangkalan udara al-Jufra adalah “garis merah,” menyerukan pasukannya untuk “bersiap untuk melaksanakan misi apa pun di sini di dalam perbatasan kami, atau jika perlu di luar perbatasan kami.”

Sejak April 2019, pasukan Haftar telah melancarkan serangan terhadap ibukota Libya Tripoli dan bagian lain Libya barat laut, yang mengakibatkan lebih dari 1.000 kematian, termasuk perempuan dan anak-anak sipil.

Namun, pemerintah Libya baru-baru ini meraih kemenangan signifikan, mendorong pasukan Haftar keluar dari Tripoli dan kota Tarhuna yang strategis.

(fath/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah