Berita Dunia Islam Terdepan

Support Us

Militer Turki merebut gunung strategis di perbatasan Irak

983

ANKARA (Arrahmah.com) – Pasukan Turki mengendalikan gunung di perbatasan Irak, Khamtir, yang menghadap Turki minggu ini.

Gunung Khamtir dianggap sebagai lokasi strategis yang menghadap ke segala arah di sekitarnya dan direbut oleh pasukan Turki setelah mengintensifkan serangan udara, lansir AMN (13/7/2020).

Gubernur kota Dohuk di Irak utara mengumumkan bahwa pasukan Turki melancarkan pemboman udara dan artileri di dua desa perbatasan di kota Barwari Bala dan distrik Batiwah.

Walikota Distrik Darkar mengungkapkan pada Ahad (12/7) bahwa pasukan Turki telah tiba di Jabal Shaqul dengan diturunkan melalui udara, dan dengan perlindungan udara dari helikopter.

Dia mengatakan bahwa pasukan Turki memberlakukan kendali atas seluruh gunung perbatasan, dan menetapkan 45 titik militer di sepanjang perbatasan, menunjukkan bahwa wilayah ini jauh dari keberadaan unsur-unsur PKK, yang Turki anggap sebagai organisasi teroris.

Gunung Khamtir terhubung dengan Distrik Zakho di provinsi Dohuk, daerah perbatasan antara wilayah Irak-Kurdistan dan Turki.

Pada 17 Juni, Turki mengumumkan peluncuran Operasi “Tiger Claw” di wilayah Haftanin di Irak utara.

Operasi ini telah dikecam oleh otoritas Irak, yang menuntut Turki menarik pasukannya dari negaranya. (haninmazaya/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah