Berita Dunia Islam Terdepan

Support Us

Pemimpin Rusia, Turki dan Iran akan membahas konflik Suriah hari ini

162

MOSKOW (Arrahmah.com) – Presiden Rusia, Iran dan Turki akan mengadakan konferensi video hari ini (1/7/2020) untuk membahas konflik di Suriah, ujar Kremlin pada Selasa (30/6).

Dalam perang sembilan tahun di Suriah, Rusia dan Iran adalah pendukung utama pasukan rezim Bashar Asad, sementara Turki mendukung pejuang oposisi. Di bawah proses diplomatik sejak tahun 2017, mereka sepakat untuk melakukan “de-eskalasi”.

Pembicaraan hari ini antara Vladimir Putin, Hassan Rouhani dan Tayyip Erdogan dijadwalkan sekitar 1100 GMT, menurut Kremlin, seperti dilansir Reuters.

Setelah meningkatnya kekerasan yang menyebabkan hampir satu juta orang terlantar, Turki dan Rusia sepakat pada bulan Maret untuk menghentikan permusuhan di wilayah barat laut Suriah, Idlib. Namun sejak bulan ini jet tempur rezim Asad dan Rusia kembali membombardir desa-desa di daerah yang dikuasai pejuang oposisi.

Dua minggu lalu, Rusia dan Turki menunda pembicaraan tingkat menteri bilateral yang diperkirakan akan fokus pada Suriah dan Libya, negara lain di mana mereka mendukung pihak yang berlawanan. (haninmazaya/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah