Berita Dunia Islam Terdepan

Venezuela terima bantuan medis COVID-19 dari Iran

56

Support Us

CARACAS (Arrahmah.com) – Iran telah mengirimkan bantuan medis ke Venezuela untuk mendukung upayanya memerangi pandemi virus corona, sebagai tanda memperkuat hubungan antara kedua negara.

Pengiriman tersebut, yang tiba melalui udara di ibukota Venezuela, Caracas pada Selasa (9/6/2020), terdiri dari bantuan kemanusiaan seperti alat tes dan pasokan medis, menurut Menteri Perencanaan Venezuela Ricardo Menendez.

Pengiriman bantuan datang dua pekan setelah Iran mengirim pengiriman minyak mentah ke negara Amerika Selatan, sebagai bagian dari memperkuat hubungan antara kedua negara yang menjadi target utama sanksi yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat.

Menendez menyatakan bahwa Venezuela dan Iran sedang bekerja untuk membangun “agenda pembangunan luas” yang akan berperang melawan “imperialisme”. Upaya ini, katanya, akan mencakup kerja sama ekonomi di berbagai sektor dan industri seperti perumahan, produksi makanan dan koordinasi medis dan ilmiah melawan virus pernapasan.

Hojatollah Soltani, duta besar Iran, menyambut kerja sama dan mengatakan dia bangga dengan “persaudaraan” dengan Venezuela “sementara musuh-musuh kita mencoba untuk memberi sanksi kepada kita”.

Menendez juga mengatakan bahwa Presiden Venezuela Nicolas Maduro berencana untuk mengunjungi Iran sesegera mungkin untuk mengucapkan terima kasih kepada negara atas pengiriman bantuan medis dan minyak, menggemakan pengumuman oleh Maduro sendiri minggu lalu bahwa ia berencana untuk mengunjungi Republik Islam untuk menandatangani perjanjian di sektor energi, keuangan, militer, pertanian, kesehatan dan teknologi.

(fath/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Iklan