Berita Dunia Islam Terdepan

AS bebaskan tahanan asal Iran

112

Support Us

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Ilmuwan Iran Majid Taheri telah kembali ke rumah setelah pembebasannya dari AS, di mana ia dipenjara selama lebih dari 16 bulan.

Taheri, yang telah lama tinggal di Florida, dipenjara setelah diduga melanggar sanksi AS terhadap Iran; dia telah menolak semua tuduhan, menurut PressTV.

“Saya berterima kasih kepada pemerintah Republik Islam Iran dan para pejabat, termasuk Tuan Zarif, yang bekerja keras, dan pejabat lain yang membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk membantu membebaskan saya, sebagai seorang dokter Iran yang dituduh menghindari sanksi AS terhadap obat-obatan,” katanya. seperti dikutip, dengan alasan bahwa ia membantu Universitas Teheran untuk mengembangkan vaksin kanker, terutama untuk wanita.

Pembebasannya terjadi beberapa hari setelah ilmuwan Iran, Sirous Asgari, dibebaskan dan dideportasi. Ini diikuti oleh Iran yang membebaskan veteran Angkatan Laut AS Michael White, di tengah spekulasi bahwa itu adalah pertukaran penjara, meskipun pejabat AS dan Iran menyangkal hal ini. Namun juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran telah mengungkapkan bahwa ada pembicaraan tentang masalah ini.

Menurut Kantor Berita Fars Iran, White dibebaskan dengan alasan kemanusiaan. Dia dipenjara karena tuduhan terkait keamanan yang mencakup penyebaran HIV / AIDS di Iran.

Sampai kemarin, juru bicara pemerintah Iran Ali Rabiei mengumumkan bahwa Teheran siap untuk bertukar “lebih banyak tahanan” dengan AS, menambahkan bahwa tanggung jawab terletak pada pemerintah AS.

(fath/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Iklan