Berita Dunia Islam Terdepan

Support Us

Perancis klaim telah membunuh amir Al Qaeda Afrika Utara

200

MALI (Arrahmah.com) – Perancis mengklaim pada Jumat (5/6/2020) bahwa pasukan militernya telah membunuh amir Al Qaeda Afrika Utara (AQIM), Abdelmalik Drukdal selama operasi di Mali utara, kubu Mujahidin yang pasukannya telah diburu selama lebih dari tujuh tahun.

“Pada tanggal 3 Juni, pasukan Perancis dengan dukungan mitra lokal mereka, membunuh amir Al Qaeda Islamic Maghreb [AQIM], Abdelmalik Drukdal, dan beberapa rekan terdekatnya, selama operasi di Mali utara,” Menteri Angkatan Bersenjata Perancis Florence Parly menulis di Twitter, seperti dilansir Reuters.

Abdelmalik adalah salah satu dari pejuang paling berpengalaman di Afrika Utara dan mengambil bagian dalam merebut wilayah di Mali utara. Ia diyakini bersembunyi di pegunungan Aljazair utara. Ia juga dikenal dengan nama Abu Musab Abdul Wadud, dan pernah bertempur dalam perang Aljazair pada tahun 1990-an.

AQIM beroperasi di seluruh Mali utara, Niger, Mauritania, dan Aljazair.

Belum ada konfirmasi tentang kematian amir AQIM dari pihak Al Qaeda, dan tidak jelas bagaimana Perancis mengidentifikasi identitasnya.  (haninmazaya/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah