Berita Dunia Islam Terdepan

Support Us

Pembunuhan George Floyd, Minnesota kerahkan pasukan Garda Nasional

600

MINNESOTA (Arrahmah.com) – Gubernur Minnesota, tempat protes meletus atas kebrutalan polisi dan kematian George Floyd, telah memobilisasi Garda Nasional ke Minneapolis untuk pertama kalinya dalam sejarah negara.

Gubernur Tim Walz mengatakan pengerahan itu dilakukan sebagai bagian dari upaya untuk membantu memadamkan protes, yang seringkali dimulai dengan damai sebelum berubah menjadi kekacauan, dengan kebakaran dan penjarahan, kekerasan yang sebagian besar disalahkannya pada orang luar.

“Kami tidak memiliki angkanya,” kata Walz. “Kami tidak bisa menangkap orang ketika kami mencoba untuk menahan diri.”

Jenderal Garda Nasional Minnesota, Jon Jensen mengatakan semua pengawal negara telah diaktifkan, dan sekitar 2.500 anggota diperkirakan akan dikerahkan pada tengah hari. “Itu artinya kita semua turut serta,” kata Jensen seperti dilansir Al Jazeera (30/5/2020)

Ini adalah “penyebaran domestik terbesar dalam sejarah 164 tahun Garda Nasional Minnesota,” kata Garda Nasional di Twitter.

Pengerahan itu dilakukan setelah pembunuhan George Floyd, yang memicu protes kemarahan di seluruh Amerika Serikat terhadap kebrutalan polisi dan perlakuan terhadap orang Amerika-Afrika. Jumat menyaksikan demonstrasi dan pawai terbesar di Minneapolis, Louisville, Kentucky, Atlanta, Georgia, Houston, Texas, Washington, DC, dan di tempat lain.

Floyd meninggal pada hari Senin setelah Derek Chauvin, seorang perwira kulit putih, menekan leher lelaki kulit hitam itu ke tanah dengan lututnya selama hampir sembilan menit.

Sebuah video yang direkam oleh warga yang melintas saat kejadian, menunjukkan Floyd memohon bantuan, berulang kali mengatakan: “Saya tidak bisa bernapas.”

Floyd akhirnya tidak bergerak, dan Chauvin terus menekan lututnya di leher Floyd selama hampir tiga menit meskipun ada protes dari pejalan kaki untuk melepaskan Floyd, menurut dokumen pengadilan.

Keempat petugas yang terlibat, termasuk Chauvin, dipecat pada hari Selasa. Chauvin ditangkap dan didakwa melakukan pembunuhan tingkat tiga dan pembunuhan pada hari Jumat.  (haninmazaya/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah