Berita Dunia Islam Terdepan

Support Us

Turki kembali buka Masjid, warga bersukacita

295

ISTANBUL (Arrahmah.com) – Masjid-masjid Turki pada Jumat (29/5/2020) dibuka kembali untuk sholat Jumat berjamaah setelah lebih dari dua bulan ditutup, saat pemerintah melonggarkan pembatasan yang bertujuan menghentikan penyebaran virus corona.

Sejak Mei, Turki berupaya menerapkan “new normal” dengan melonggarkan langkah-langkah lockdown dan membuka pusat perbelanjaan, tukang cukur dan salon rambut.

Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan tempat-tempat lainnya -restoran dan kafe serta perpustakaan, taman, dan pantai- akan dibuka kembali mulai Senin (1/6), lansir Al Arabiya.

Ratusan jamaah yang mengenakan masker pelindung melakukan sholat Jumat berjamaah di luar Masjid Biru Istanbul untuk pertama kalinya sejak Masjid-masjid ditutup pada bulan Maret.

Di masjid Fatih, para jamaah sholat di dalam dan di luar ruangan, dengan pemerintah kota membagikan disinfektan dan karpet sekali pakai.

Gulcek Uyanik (55), menyatakan rasa syukurnya karena dapat melaksanakan sholat berjamaah di Masjid.

“Saya telah menunggu lama untuk ini, saya telah banyak berdoa. Saya bisa mengatakan ini seperti kelahiran baru, Alhamdulillah, Dia telah membawa kita kembali ke sini,” katanya.

Seorang jamaah lainnya, Asum Tekif (50), mengatakan: “Sudah lama, sudah dua bulan, kami merindukan Masjid.”

Turki, negara berpenduduk 83 juta, sejauh ini telah mencatat 4.461 kematian terkait virus corona dan hampir 161.000 kasus dikonfirmasi. (haninmazaya/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah