Berita Dunia Islam Terdepan

Tanker ke-4 Iran masuki perairan Venezuela

252

Support Us

CARACAS (Arrahmah.com) – Kapal tanker keempat yang memuat bahan bakar bensin dari Iran memasuki perairan Venezuela Rabu malam (27/5/2020) ketika tiga kapal tanker pertama bersiap untuk meninggalkan pelabuhan-pelabuhan negara itu, data Refinitiv Eikon menunjukkan.

Iran menyediakan hingga 1,53 juta barel bensin dan komponen pengilangan untuk membantu Venezuela meringankan kekurangan akut, hasil dari kerusakan yang hampir selesai dalam jaringan pengilangannya dan sanksi AS terhadap industri minyak negara tersebut. Washington telah mengkritik pengaturan tersebut, karena kedua negara OPEC itu dikenai sanksi.

Data Eikon menunjukkan bahwa Faxon, yang keempat dalam armada lima-tanker, melintas di utara negara bagian Sucre, Venezuela timur, pada pukul 11:49 malam waktu setempat hari Rabu (27/5). Situs pelacakan itu belum mentransmisikan lokasinya.

Faxon mengikuti jalur yang sama dengan tiga tanker pertama, yang mulai tiba akhir pekan lalu. Fortune merapat di sebuah pelabuhan di kilang El Palito di Venezuela tengah, dan Petunia berlabuh di dekatnya. Forest merapat di sebuah pelabuhan di kilang Cardon barat.

Kedatangan tanker-tanker tanpa hambatan di perairan Venezuela ini datang meskipun ada peringatan oleh pejabat AS bahwa Washington sedang mempertimbangkan tanggapan atas pengiriman bahan bakar, yang memicu pengaduan dari Iran ke PBB. Kapal tanker kelima, Clavel, masih menyeberangi Samudra Atlantik menuju Karibia.

Bahan bakar dari Iran juga datang pada saat kekurangan bensin, yang ada dalam kondisi kronis selama bertahun-tahun di beberapa bagian Venezuela, telah memburuk di tengah-tengah pandemi coronavirus.

Venezuela memiliki cadangan minyak terbesar di dunia, tetapi produksinya jatuh bebas, keruntuhan yang oleh para ahli dikaitkan dengan kebijakan yang gagal, kurangnya investasi, dan korupsi. (Althaf/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah