Berita Dunia Islam Terdepan

Support Us

Rusia buka kembali jalur strategis M4 di Suriah

226

MOSKOW (Arrahmah.com) – Polisi militer Rusia membuka kembali jalan raya M4 yang strategis di Suriah utara pada Senin (25/5/2020), yang memungkinkan warga sipil melakukan perjalanan antara Tal Tamr dan Manbij untuk pertama kalinya dalam tujuh bulan.

Jalan raya menghubungkan kota-kota di sebelah barat sungai Efrat ke kota-kota lain di timur laut Suriah.

Jalan raya M4 ditangkap tahun lalu oleh pejuang oposisi yang didukung Turki.

“Jalan raya internasional telah secara resmi dibuka dengan jaminan Rusia, dan patroli Rusia akan berjalan setiap hari, kecuali hari Jumat, untuk melacak pergerakan di jalan dan mencegah provokasi militer, berkoordinasi dengan administrasi sipil di Tal Tamr,” seorang pejabat militer Rusia kepada Russia Today.

Jalan raya M4 membentang dari perbatasan Suriah dengan kota perbatasan Irak di Rabia di timur laut hingga kota Latakia di pesisir barat laut Suriah, melewati Qamishli, Tal Tamr, Ain Issa, Manbij, al-Bab, dan Aleppo.

Sementara itu, tindakan provokatif berlanjut antara pasukan AS dan rekan-rekan Rusia mereka dalam apa yang telah menjadi pemandangan akrab di wilayah timur laut Suriah.

Menurut saksi mata, kendaraan lapis baja AS berusaha memblokir kendaraan Rusia di jalan M4 sebelum tiba di daerah Tal Tamr.

Selain itu, tentara Rusia turun dari kendaraan mereka dan menuju kendaraan lapis baja AS, yang menghalangi jalan mereka di pintu masuk barat ke Tal Tamer.

Lima kendaraan lapis baja AS ditempatkan di M4, menunggu kendaraan Rusia untuk mencegah mereka melewati jalan.

Surat kabar Rusia tersebut yang terdiri dari sekitar 30 kendaraan militer melewati kota Mabrouka, yang berada di bawah kendali pasukan Turki dan faksi-faksi mereka, ke Ain Issa, utara Raqqa.

Jutaan orang di timur laut Suriah menghadapi pertempuran, yang telah menghancurkan infrastruktur, dan kurangnya layanan dasar yang kritis, selain krisis COVID-19 global yang juga melanda kawasan ini.(Althaf/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah