Berita Dunia Islam Terdepan

Tentara Libya kalahkan milisi Haftar di dua kota dekat perbatasan Tunisia

508

Support Us

TRIPOLI (Arrahmah.com) – Tentara Libya menguasai dua kota di barat laut negara itu dari para pejuang yang setia kepada Brigadir Jenderal Khalifa Haftar.

Pusat media “Operation Volcano of Anger” memposting pernyataan di Facebook yang mengatakan: “Kekuatan kepahlawanan kami memasuki kota Badr dan Tiji (kotamadya Baten Al-Djabal Al-Gharbi), dan diterima dengan hangat oleh orang-orang di sana, yang memuji dan meneriakkan mereka.”

Pusat media tidak memberikan perincian lain tentang bagaimana pasukan pemerintah menguasai kedua kota.

Saluran pribadi Libya menyiarkan video yang menunjukkan penyebaran kendaraan militer Libya di kota Badr setelah mereka mengambil kendali.

Di sisi lain, pasukan Haftar mengatakan mereka menarik diri dari bagian Tripoli pada malam hari setelah mereka kehilangan salah satu benteng utama mereka di Libya barat pada hari Senin dalam pukulan berat terhadap kampanye selama setahun untuk mengendalikan ibukota.

Juru bicara pasukan Haftar, Ahmed Al-Mismari, mengatakan bahwa pasukan melakukan operasi pemindahan dan ditempatkan di garis depan, meninggalkan beberapa daerah pemukiman padat penduduk.

Pada Senin, tentara Libya mengambil kendali dari Pangkalan Udara Al-Watiya yang strategis setelah mendorong milisi Haftar keluar dari daerah tersebut.

Sejak 4 April 2019, milisi Haftar melancarkan operasi untuk menangkap ibukota Libya, Tripoli, pusat Pemerintahan Kesepakatan Nasional, menargetkan kawasan pemukiman dan daerah berpenduduk, dan menyebabkan kematian ratusan warga sipil.

(fath/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah