Berita Dunia Islam Terdepan

WHO: Corona virus mungkin tidak akan lenyap

328

Support Us

JENEWA (Arrahmah.com) – Virus corona bisa menjadi endemik seperti HIV dan populasi di seluruh dunia harus belajar untuk hidup dengannya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan pada Rabu (13/5/2020).

Ketika beberapa negara mulai secara bertahap melonggarkan pembatasan karantina wilayah, WHO mengatakan COVID-19 mungkin tidak akan pernah disingkirkan sepenuhnya.

“Penting untuk meletakkan ini di atas meja: virus ini mungkin hanya menjadi virus endemik lain dalam komunitas kita, dan virus ini mungkin tidak akan pernah hilang. HIV belum hilang, tetapi kami telah sepakat dengan virus ini,” pakar tanggap darurat WHO Mike Ryan mengatakan pada pengarahan online, seperti dilansir Al Jazeera.

Berita Terkait

“Saya pikir penting bagi kita untuk realistis dan saya tidak berpikir siapa pun dapat memprediksi kapan penyakit ini akan hilang. Saya pikir tidak ada janji dalam hal ini dan tidak ada tanggal. Penyakit ini dapat menjadi masalah yang panjang.”

Namun, Ryan mengatakan dunia memiliki beberapa kendali atas bagaimana ia mengatasi penyakit itu, meskipun akan membutuhkan “upaya besar” bahkan jika vaksin ditemukan,” klaimnya.

Lebih dari 100 vaksin potensial sedang dikembangkan, termasuk beberapa dalam uji klinis, tetapi para ahli telah menggarisbawahi kesulitan menemukan yang efektif terhadap virus corona.

“Banyak negara ingin keluar dari langkah-langkah yang berbeda,” kata Tedros. “Tapi rekomendasi kami tetap waspada di negara mana pun harus pada tingkat setinggi mungkin.  (haninmazaya/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Baca artikel lainnya...