Berita Dunia Islam Terdepan

Pertama kalinya, masjid terbesar di Australia siarkan adzan melalui pengeras suara setiap malam sampai akhir Ramadan

372

Support Us

SIDNEY (Arrahmah.com) – Masjid terbesar di Australia akan menyiarkan adzan melalui pengeras suara untuk menyatukan komunitas tersebut di tengah pandemi coronavirus.

Masjid Lakemba di barat daya Sydney akan mengumandangkan adzan setiap malam sampai Ramadan selesai.

Direktur eksekutif Asosiasi Muslim Lebanon, Ahmad Malas, mengatakan kepada SBS, Senin (5/5/2020) dengan pembatasan coronavirus dan penutupan masjid-masjid dan tempat-tempat ibadah, kegiatan khusus Ramadhan dibatalkan.

Adzan merupakan suara yang biasa terdengar di banyak negara mayoritas Muslim tetapi jarang terdengar di Australia.

Ahmad Malas mengatakan bahwa pengurus masjid telah melakukan upaya-upaya agar adzan bisa disiarkan dari masjid jauh sebelum Ramadhan dimulai dan reaksi masyarakat ternyata sangat positif.

‘Banyak penduduk di Lakemba adalah Muslim dan mereka terkejut mendengar adzan ketika mereka berbuka puasa. Orang-orang keluar dari rumah mereka untuk melihat apa yang terjadi,” tuturnya.

Baca Juga

Ahmad mengungkapkan, seruan adzan pertama kali dilakukan pada Rabu malam lalu dan mendapat dukungan yang luar biasa.

“Beberapa orang yang sedang mengendarai mobil dari kota yang berbeda, memarkir mobil mereka di sekitar masjid untuk melihat peristiwa tersebut, mereka merekamnya dan video-video itu beredar luas, bahkan di negara-negara Arab,” ujarnya.

Diketahui, sejumlah kegiatan Ramadhan di Lakemba telah dibatalkan karena coronavirus.

Pada tahun-tahun sebelumnya, Masjid Lakemba menampung sekitar 10.000 orang setiap malam untuk sholat tarawih serta digelar pasar Ramadhan.

Ahmad mengatakan, masjid tersebut biasanya mengadakan sholat tarawih dan kegiatan lain selama Ramadhan tetapi seruan Adzan saat menjelang maghrib baru kali ini dilaksanakan.

(ameera/arrahmah.com)

Iklan

Iklan