Berita Dunia Islam Terdepan

Anies siapkan 20 juta masker kain gratis untuk warga Jakarta

158

Support Us

JAKARTA (Arrahmah.com) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan ada 20 juta masker kain yang disediakan oleh DKI dan akan membagikan masker kain secara gratis ke seluruh warga Jakarta.

Masker kain ini mulai dibagikan ke warga Jakarta mulai hari ini, Rabu (29/4) dan dilakukan bertahap.

“20 juta masker kain ini akan dibagikan kepada seluruh warga di Jakarta,” ujar Anies dikutip laman resmi Pemprov DKI, Rabu (29/4/2020), lansir Kumparan.

Anies mengungkapkan, masker akan dibagikan 2 buah untuk setiap warga, yang akan didistribusikan melalui kelurahan, kemudian akan diteruskan ke RT atau RW hingga sampai ke warganya masing-masing.

“Pembagiannya nanti melalui kelurahan, kemudian ke RW/RT, lalu nanti akan dibagikan ke setiap Kepala Keluarga yang ada di Jakarta,” terangnya.

“Nanti setiap orang akan menerima satu paket plastik begini yang berisi dua masker. Jadi seluruh penduduk Jakarta akan mendapatkan dua masker kain yang wajib digunakan kalau meninggalkan rumah,” lanjutnya.

Anies berharap dengan pembagian masker secara gratis ini, warga dapat lebih taat dengan menggunakan masker saat keluar rumah. Sehingga potensi penyebaran virus corona dapat dibendung.

Sebagaimana diansir jakarta.go.id, Selasa (21/4/2020), Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta memproduksi sebanyak dua juta masker kain untuk didistribusikan ke masyarakat secara gratis.

Pembuatan masker kain ini melibatkan sebanyak 1.526 industri kecil menengah (IKM) dan usaha kecil menengah (UKM) binaan yang bergerak di komoditi fesyen di lima wilayah kota administrasi dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo mengatakan, produksi masker ditarget sebanyak 173.674 per hari atau 1.042.044 masker per minggu.

“Kami juga memberdayakan UKM dan IKM di rusun hingga rutan se-DKI. Total produksi masker selama dua minggu diperkirakan 2.084.088 buah masker,” ujarnya, Selasa (21/4).

Ratu menjelaskan, masker kain produksi IKM dan UKM binaan ini terdiri dari tiga lapis yang dapat melindungi mulut dan hidung secara baik untuk mencegah penularan COVID-19.

(ameera/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah