Pompeo - Burhan diskusikan penghapusan Sudan dari daftar teror AS

158

KHARTOUM (Arrahmah.com) – Kepala dewan berdaulat Sudan, Abdel Fattah al-Burhan, pada hari Senin (27/4/2020), menerima panggilan telepon dari Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo di mana keduanya membahas sejumlah masalah, termasuk dukungan AS untuk Sudan selama masa transisi.

Mereka juga membahas penghapusan Sudan dari daftar negara sponsor terorisme, kata pernyataan pers yang dikeluarkan oleh dewan.

Iklan

“Dalam panggilan teleponnya, Pompeo membahas pengaturan untuk menghapus Sudan dari daftar Negara Sponsor Terorisme (SST) dan bantuan AS ke Sudan dalam menghadapi pandemi coronavirus,” tambahnya.

Para pejabat juga membahas posisi Sudan pada rancangan resolusi yang diharapkan oleh Dewan Keamanan PBB, bersama dengan kerja sama keamanan antara kedua negara dan dukungan yang diperlukan dalam periode transisi.

Amerika Serikat telah membuat undangan resmi bagi Burhan untuk mengunjungi Washington, tetapi krisis coronavirus telah menunda itu.

Dalam berita lain, dua anggota dewan yang berdaulat, Letnan Jenderal Shamsul Eddin Kabashi, anggota delegasi perdamaian pemerintah, dan Mohamed Hassan Al-Taishi, juru bicara delegasi, mengadakan pertemuan yang melibatkan perwakilan Troika, orang Eropa Komunitas dan Jerman.

Pertemuan tersebut diberi penjelasan singkat tentang negosiasi di Juba, dan apa yang disepakati di jalur Utara, Tengah dan Timur, serta masalah perbedaan dengan gerakan perjuangan bersenjata.

Para wakil tersebut telah mengusulkan pembentukan dewan legislatif bekerja sama dengan gerakan bersenjata jika perjanjian damai ditandatangani pada 9 Mei. (Althaf/arrahmah.com)

Iklan

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya