Berita Dunia Islam Terdepan

Support Us

Angkut seorang Imam, supir taksi uighur dipenjara 16 tahun

482

XINJIANG (Arrahmah.com) – Pihak berwenang di Ghulja di provinsi Xinjiang Cina, menghukum seorang sopir taksi Uighur setempat setidaknya 16 tahun penjara karena mengangkut seorang imam yang dianggap ilegal, Radio Free Asia (RFA) telah mengungkapkan. Ibunya juga dipenjara, selama 10 tahun.

Shireli Memtili, ayah dua anak berusia 28 tahun, dijatuhi hukuman “200 bulan” pada Mei 2019 karena mengangkut seorang iman dan menerima pendidikan agama yang dianggap ilegal dari dia, anggota keluarganya mengatakan kepada layanan Uighur RFA dalam sebuah wawancara khusus.

Anggota keluarganya diberi tahu tentang hukuman penjara ketika mereka menghubungi pejabat di pusat administrasi komunitas setempat. Tampaknya tidak ada pengadilan umum untuk pengemudi taksi.

Cina diangkat ke panel Dewan HAM PBB bulan ini untuk menyelidiki hak asasi manusia terkait kebebasan berbicara, kesehatan, penghilangan paksa dan penahanan sewenang-wenang. Ini telah memicu protes oleh aktivis HAM internasional.

Pihak berwenang di Cina diyakini telah menahan 1,8 juta Uighur dalam jaringan kamp-kamp interniran sejak April 2017. Mereka dan minoritas Muslim lainnya dituduh memiliki “pandangan agama yang kuat” dan ide-ide “secara politis salah”.

(fath/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah