Berita Dunia Islam Terdepan

Pentagon: Serangan AS di Somalia tewaskan pemimpin Al Shabaab

273

Support Us

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Serangan udara 2 April oleh pasukan AS di Somalia menewaskan “pemimpin senior” kelompok militan Al Shabaab, Departemen Pertahanan AS mengatakan Selasa (7/4/2020).

Serangan itu menyebabkan tiga gerilyawan Al Shabaab tewas, termasuk Yusuf Jiis, seorang pemimpin “fundamental” dari organisasi itu, kata Komando Afrika AS dalam sebuah pernyataan.

Komandan AS Komando Afrika (AFRICOM), Jenderal Stephen Townsend, mengatakan Jiis adalah “pemimpin kunci” Al Shabaab.

“Dia kejam dan bertanggung jawab atas hilangnya banyak nyawa tak bersalah,” klaim Townsend dalam sebuah pernyataan.

AFRICOM mengatakan serangan itu terjadi di dekat Bush Madina, 217 kilometer barat Mogadishu, dan dilakukan dalam koordinasi dengan pemerintah Somalia.

Itu adalah salah satu dari beberapa serangan AS baru-baru ini pada Al Shabaab, seringkali rudal presisi diluncurkan oleh drone.

Serangan lain terhadap Al Shabab dilakukan pada hari Senin (6/2) di wilayah Jilib Somalia, yang menurut pasukan AS menewaskan lima ‘ekstremis’.

Komando Afrika mengatakan sedang menyelidiki laporan kematian dan cedera warga sipil meskipun pihaknya yakin tidak ada korban jiwa.

Townsend mengatakan tidak akan ada peningkatan dalam kampanye AS melawan Al Shabaab selama pandemi coronavirus.

“Somalia tetap menjadi kunci bagi lingkungan keamanan di Afrika Timur, dan stabilitas jangka panjangnya penting untuk memajukan kepentingan AS yang komprehensif di kawasan itu,” lanjut Africom. (Althaf/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah