Berita Dunia Islam Terdepan

Support Us

Perangi virus Corona, LIPI dan ITB kembangkan Disinfection Chamber

477

BANDUNG (Arrahmah.com) – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bersama Institut Teknologi Bandung (ITB) bekerja sama mengembangkan disinfection chamber mengandung ozon yang efektif membunuh bakteri dan virus tanpa bahan kimia, Media Indonesia melaporkan.

Disinfection chamber ini dilansir mampu membunuh virus hanya dalam 30 detik.

“Kami mengembangkan disinfektan yang tidak menggunakan bahan kimia, tapi memproduksi nano bubble dalam water yang nantinya berbentuk seperti mist yang langsung bisa kita operasikan melalui chamber,” kata peneliti dari Balai Pengembangan Instrumentasi LIPI, Anto Tri Sugiarto, dalam konferensi pers Konsorsium Covid-19, Kamis (26/3/2020).

Anto menjelaskan, alat disinfeksi Ini mengandung ozon nano water yang sangat efektif dalam membunuh bakteri dan virus hingga 100 persen.

“Ini kita kembangkan di LIPI dan ITB, sehingga bisa langsung mensterilisasi bakteri 100 persen, untuk virus di beberapa literasi kita sampaikan 30 detik bisa membunuh virus tersebut. Harapan kami alat ini dapat digunakan di walkthrough chamber, juga untuk di ruangan, masjid, atau kereta api di mana orang akan banyak bersinggungan,” lanjutnya.

Asisten Ahli Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan ITB Eko Charnius Ilman menambahkan, alat ini sudah siap secara prototipe dan sudah diuji coba.

“Kami sudah siap untuk memproduksi,” pungkasnya. (Althaf/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah