Di tengah wabah Corona mematikan, 1.044 turis kapal MV Columbus diizinkan masuk Jateng

23.054

SEMARANG (Arrahmah.com) – Sekitar 1.044 turis asing dari Australia diizinkan masuk ke Jawa Tengah di tengah kekhawatiran penyebaran virus corona.

Mereka sempat ditolak di Surabaya, namun akhirnya boleh berwisata di Jawa Tengah. Pihak berwenang mengklaim, hasil pemeriksaan kesehatan menunjukan semua penumpang di dalam kapal pesiar MV Columbus negatif virus corona.

Iklan

Brand Manager Nusantara Tour Jawa Tengah, Anik Ningtiyas Suryani mengatakan kapal MV Columbus membawa 1.044 penumpang. Berdasarkan info yang ia dapatkaan, semua penumpang dinyatakan sehat dan tidak ditemui gejala Virus Corona.

“Tadi saya mendapatkan laporan dari KKP bahwa semua penumpang dinyatakan sehat dan tidak ada tanda-tanda gejala Virus Corona,” jelasnya saat ditemui di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang, Jumat (13/3/2020), lansir Suara.com.

Para turis tersebut rencananya akan diajak untuk berkunjung di beberapa destinasi wisata di daerah Jateng diantaranya, Borobudur, Ambarawa, dan Semarang City Tour.

“Kalau yang untuk ke Borobudur itu ada 144 pengunjung, Ambara 104 pengunjung, dan Semarang City Tour ada 104 pengunjung,” paparnya.

Ia menjelaskan, bahwa turis yang bisa berwisata hanya 350 orang dan selebihnya tidak bisa ikut paket wisata karena seharusnya mereka datang pagi. Hal itu disebabkan karena ada pemeriksaan penumpang sejak pagi hingga siang.

Setelah dari Pelabuhan Tanjung Mas Semarang, kapal pesiar MV Columbus akan menuju Jakarta. Namun saat ini pihak otoritas yang ada di Jakarta belum memberikan izin untuk bersandar di Jakarta.

“Kita masih menunggu Jakarta boleh masuk atau tidak. Mereka juga menunggu hasil kesehatan dari para penumpang di kapal pesir MV Columbus,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, Julianto Prabowo mengklaim para penumpang telah dinyatakan bersih dari Virus Corona sehingga dipersilahkan untuk menurunkan penumpang di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang.

(ameera/arrahmah.com)

Iklan

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya