27 positif terinfeksi corona di Indonesia, 1 kasus penularan lokal

336

JAKARTA (Arrahmah.com) – Kasus positif virus corona baru (Covid-19) di Indonesia hingga Selasa (10/3/2020) bertambah sebanyak delapan kasus. Total orang yang dinyatakan positif menjadi 27 orang.

Hal tersebut disampaikan juru bicara untuk penanganan Virus Corona di Indonesia, Achmad Yurianto, di Istana Kepresidenan pada Selasa sore, seperti dilansir liputan6.com.

Iklan

Dari tambahan kasus tersebut, lima di antaranya merupakan imported case atau penularan virus yang terjadi di luar negeri. Dan, kasus positif Covid-19 nomor 27 yang diketahui seorang pria berusia 33 tahun, warga negara Indonesia (WNI) diduga merupakan penularan lokal.

Yuri mengatakan kasus nomor 27 tidak berasal dari luar negeri. Yang bersangkutan pun masih belum jelas siapa saja temannya.

“Kita juga bertanya apakah ada teman yang sakit. Kita sedang mencari siapa temannya yang positif, yang pernah akrab sama dia. Local transmission [penularan lokal] ini dari mana. Yang pasti kami masih selidiki yang menjadi local transmission-nya siapa,” katanya.

Meski satu kasus dinyatakan local transmission, Yuri mengimbau agar masyarakat tetap mempertahankan pola hidup bersih dan sehat.

“Sebenarnya, kita mengimbau ke semuanya, baik dia ODP (orang dengan pemantauan) maupun yang bukan ODP,” kata Yuri.

“Kalau lagi sakit batuk, pilek, pakai masker. Itu kuncinya. Sehingga pas bersin, virusnya tidak tersebar,” Yuri menekankan.  (haninmazaya/arrahmah.com)

Iklan

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah