Berita Dunia Islam Terdepan

Pria Jepang positif virus corona setelah pulang berlibur selama 19 hari di Indonesia

1.837

Support Us

TOKYO (Arrahmah.com) – Seorang pria Jepang dinyatakan positif terinfeksi virus Corona setelah pulang berlibur bersama keluarganya di Indonesia.

Belum bisa dipastikan dari mana sumber penularannya, namun dia sudah mengeluh demam sejak sebelum berangkat ke Indonesia yakni pada 15 Februari 2020.

Sebagaimana dilansir iNews, Pemerintah Metropolitan Tokyo mengatakan pada Sabtu (22/2/2020), pria yang bekerja di panti jompo itu mengeluh gejala demam dan memeriksakan diri ke rumah sakit pada 12 Februari.

Namun hasil pemeriksaan menunjukkan dia tak mengalami pneumonia dan pulang di hari yang sama. Keesokan harinya dia kembali bekerja.

Pada 14 Februari, pria itu mengambil istirahat seharian penuh di rumah lalu keesokan harinya berangkat ke Indonesia. Dia berada di Indonesia sampai 19 Februari, namun tak disebutkan kota-kota mana saja yang dikunjungi.

Dia kembali mengeluh sakit usai kembali dari Indonesia dan langsung menjalani perawatan sampai dinyatakan positif terinfeksi. Dalam pernyataan juga disebutkan bahwa dia dalam kondisi serius.

Pemerintah Metropolitan Tokyo sedang mendalami rute perjalanan pria tersebut untuk mengetahui dengan siapa saja dia sudah berinteraksi, termasuk di tempat kerjanya. 

Kasus ini merupakan yang kedua kalinya seorang pasien dinyatakan positif COVID-19 setelah kunjungan ke Indonesia. Yang pertama, seorang lelaki Tionghoa yang diidentifikasi bernama Jin, dinyatakan positif mengidap penyakit itu awal bulan ini, delapan hari setelah kembali dari Bali.

(ameera/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah