18 pemberontak Syiah Houtsi tewas setelah berusaha menyusup ke zona militer

Milisi Syiah Houtsi. (Foto: The National)
698

AL-JAWF (Arrahmah.com) – Delapan belas pemberontak bersenjata Syiah Houtsi tewas di provinsi Al-Jawf di Yaman utara ketika berusaha menyusup ke zona militer, media pemerintah melaporkan pada Senin (17/2/2020).

Selain delapan belas orang tersebut, sejumlah pemberontak juga terluka, kata pihak militer, sebagaimana dilansir kantor berita Saba.

Pada Sabtu (15/2), kelompok pemberontak Syiah Houtsi berhasil menjatuhkan jet tempur Tornado milik koalisi pimpinan Saudi yang memerangi mereka.

Yaman telah dilanda oleh kekerasan dan kekacauan sejak 2014, ketika pemberontak Syiah Houtsi menggulingkan pemerintahan yang sah dan menguasai sebagian besar negara, termasuk ibu kota, Sanaa.

Krisis meningkat pada tahun 2015 ketika koalisi militer yang dipimpin Saudi meluncurkan kampanye militer dengan tujuan merebut kembali teritorial yang telah dikuasai oleh pemberontak Syiah Houtsi.

Puluhan ribu warga Yaman, termasuk warga sipil, menjadi korban jiwa, sementara 14 juta lainnya beresiko menderita kelaparan, ungkap PBB. (rafa/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.