Gedung Putih klaim berhasil tewaskan pimpinan Al-Qaeda Yaman

589

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Presiden AS Donald Trump menyatakan pada Kamis (6/2/2020) bahwa pasukan AS telah membunuh Qasim Al-Raymi, pemimpin Al-Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP), dalam sebuah operasi di Yaman.

Al-Raymi merupakan pendiri dan pimpinan AQAP dan wakil pimpinan Al-Qaeda pusat Dr. Aiman Az-Zawahiri. Dia terbunuh dalam serangan pesawat tak berawak yang dilancarkan AS.

Iklan

AQAP telah lama dianggap kelompok afiliasi Al-Qaeda yang paling berbahaya untuk melakukan serangan di daratan AS. Trump mengatakan AS dan sekutunya lebih aman setelah pimpinan mereka, Al-Raymi terbunuh.

“Kematiannya semakin menurunkan AQAP dan gerakan global Al-Qaeda,” kata Trump dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan Gedung Putih.

Andy Gallacher, koresponden Al Jazeera yang tengah berada dii Washington mengatakan bahwa serangan yang menewaskan pria berusia 41 tahun itu terjadi bulan lalu.

“Para pejabat CIA dan intelijen Amerika sangat berhati-hati setelah pada serangan sebelumnya mereka gagal,” katanya.

Sebelumnya, pada 2017 Amerika melancarkan serangan untuk memburu Al-Raymi, namun mereka gagal. Bahkan salah seorang anggota Angkatan Laut AS (SEAL) William Ryan Owens tewas dalam serangan tersebut.

Hingga kini pihak Al-Qaeda belum mengkonfirmasi secara langsung mengenai terbunuhnya Al-Raymi. (rafa/arrahmah.com)

Iklan

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah