Berita Dunia Islam Terdepan

Rusia lancarkan serangan udara di zona de-eskalasi, 9 sipil meregang nyawa

188

Support Us

IDLIB (Arrahmah.com) – Pasukan Rusia melakukan serangan udara baru di zona de-eskalasi di Suriah barat laut, menewaskan sedikitnya sembilan warga sipil, sumber lokal mengatakan pada Senin (20/1/2020).

Menurut kelompok pengamat lokal, pesawat tempur Rusia menargetkan daerah pedesaan di provinsi Aleppo barat laut di pagi hari, lansir Zaman Alwasl.

Serangan itu menewaskan sedikitnya lima orang dan melukai sembilan lainnya, menurut White Helmets, sebuah badan pertahanan sipil setempat.

Turki telah mendorong gencatan senjata di Idlib setelah wilayah itu mengalami serangan sengit selama berbulan-bulan oleh pasukan yang setia kepada rezim Bashar Asad dan sekutunya, mengirim sekitar satu juta pengungsi yang berbondong-bondong menuju perbatasan Turki.

Turki dan Rusia sepakat pada September 2018 untuk mengubah Idlib menjadi zona de-eskalasi di mana tindakan agresi secara tegas dilarang.

Sekitar 27.000 orang, kebanyakan wanita dan anak-anak, telah melarikan diri dari desa Aleppo yang dikuasai pejuang Suriah dalam 72 jam terakhir sejak pasukan rezim yang didukung oleh milisi Syiah mulai melakukan serangan besar, ujar kelompok pemantau.  (haninmazaya/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah