Lagi, roket mendarat di dekat Kedutaan AS di Irak

Gambar diambil pada 23 November 2019, memperlihatkan Zona Hijau di ibu kota Baghdad dari Sungai Tigris. (Foto: AFP)
636

BAGHDAD (Arrahmah.com) – Tiga roket Katyusha jatuh pada Selasa (21/1/2020) di dalam Zona Hijau Baghdad, yang menampung gedung-gedung pemerintah dan misi asing, kata sumber kepolisian Irak kepada Reuters.

Tiga roket diluncurkan dari distrik Zafaraniyah di luar Baghdad, menurut sumber tersebut seraya menambahkan bahwa dua roket mendarat di dekat kedutaan Amerika Serikat.

Sirene bisa terdengar di seluruh zona segera setelah roket melintasinya.

AS telah menyalahkan kelompok paramiliter yang didukung Iran untuk serentetan serangan serupa dalam beberapa bulan terakhir di Zona Hijau, tetapi tidak pernah ada klaim tanggung jawab.

Ketegangan di Irak meningkat sejak AS membunuh Qassem Soleimani, seorang komandan militer Iran, di Baghdad pada 3 Januari.

Pembunuhan itu terjadi di tengah demonstrasi anti-pemerintah Irak yang terus berlanjut.

Lima pengunjuk rasa tewas pada Senin (20/1) di tiga kota Irak ketika para demonstran di seluruh negeri meningkatkan tekanan pada pemerintah untuk melaksanakan reformasi yang telah lama ditunggu-tunggu.

Utusan PBB untuk Irak mendesak para elit politik Irak untuk kembali mendorong reformasi dan agar protes tetap damai.

“Penindasan kekerasan terhadap pengunjuk rasa damai tidak dapat ditoleransi dan harus dihindari dengan cara apa pun,” ujar utusan Jeanine Hennis-Plasschaert dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh PBB.  (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.