Berita Dunia Islam Terdepan

FPI Lampung salurkan bantuan logistik untuk korban banjir dan longsor di Sukajaya Bogor

201

Support Us

BOGOR (Arrahmah.com) – Rombongan Relawan DPD FPI Lampung telah tiba di Banten pada Sabtu (18/1/2020) dalam rangka menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk para korban banjir dan longsor.

Setelah berkunjung ke posko bencana banjir dan longsor di Lebak Banten, rombongan kemudian melanjutkan perjalanan menuju posko bencana di Bogor Raya, Kecamatan Sukajaya Bogor.

Rombongan sampai di lokasi sekitar jam 20:30 WIB.

Diketahui, banjir bandang dan longsor terjadi di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Rabu 1 Januari 2020. Bencana ini meluluh lantakkan daerah yang berada di kawasan perbukitan itu.

Data sementara yang dihimpun pihak Kepolisian Sektor Cigudeg, banjir bandang dan longsor di Kecamatan Sukajaya itu mengakibatkan 766 unit rumah rusak.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan ada tiga penyebab terjadinya longsor di Sukajaya Kabupaten Bogor, Jawa Barat sesuai penelitian bersama Badan Geologi, Badan Informasi Geospasial (BIG), dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

“Persoalannya adalah yang berhubungan dengan masalah tambang, kedua ilegal loging, kemudian alih fungsi yang disebabkan untuk perkebunan pertanian juga permukiman,” ujar Kepala BNPB Doni Monardo usai meninjau lokasi bencana di Kabupaten Bogor, Sabtu (18/1).

Menurutnya, dari ketinggian nampak ratusan bangunan tenda yang bekas digunakan penambang liar atau biasa disebut gurandil di hulu Gunung Halimun.

(ameera/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah