Berita Dunia Islam Terdepan

Pentagon bantah pernyataan Trump bahwa Saudi membayar 1 milyar dollar untuk pasukannya

479

Support Us

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Untuk kedua kalinya dalam waktu kurang dari satu minggu, Pentagon telah menentang Presiden Donald Trump, kali ini karena klaimnya yang sombong yang menyatakan bahwa ia bersusah payah mendapatkan 1 milyar dari Saudi karena meningkatkan jumlah pasukan Amerika di Timur Tengah.

Berbicara tentang kesepakatan dalam sebuah wawancara dengan Fox News, Trump menceritakan kembali percakapannya dengan Saudi: “Saya berkata, dengarkan, Anda adalah negara yang sangat kaya. Anda ingin lebih banyak pasukan? Saya akan mengirimkannya kepada Anda, tetapi Anda harus membayar kami. Mereka membayar kita. Mereka sudah menyetor1 milyar USD di bank.”

Namun, pentagon telah menolak klaim yang mengatakan bahwa diskusi tentang bagaimana Arab Saudi dapat membantu membayar biaya penempatan militer AS masih berlangsung.

“Pemerintah Saudi telah setuju untuk berkontribusi pada biaya kegiatan ini, dan diskusi sedang berlangsung untuk meresmikan kontribusi ini.”

“Kontribusi seperti ini tidak mengarah pada pengerahan pasukan tambahan AS, dan mereka tidak mendorong DOD [Departemen Pertahanan] untuk mengambil misi atau tanggung jawab baru,” juru bicara pentagon Rebecca Rebarich mengatakan kepada CNN dalam sebuah pernyataan.

“Meskipun kami tidak akan mengomentari secara spesifik perjanjian pertahanan bilateral, lebih luas Amerika Serikat mendorong pembagian beban di antara mitra dalam mendukung kepentingan keamanan bersama, untuk memasukkan pertahanan Teluk Arab,” kata seorang pejabat Departemen Luar Negeri.

Dengan tidak menyebutkan jumlah 1 miliar USD, pernyataan itu jelas bertentangan dengan presiden, menjadikannya kedua kalinya dalam beberapa hari pentagon membantah informasi dari Gedung Putih.  (haninmazaya/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah