Berita Dunia Islam Terdepan

Iklan

"Hizbullah" dirikan landasan udara di kota Qusayr, Suriah

1.039

QUSAYR (Arrahmah.com) – Milisi Syiah asal Libanon, “Hizbullah” telah mendirikan landasan udara di kota perbatasan Qusayr, yang juga menyimpan dua helikopter untuk drone buatan Iran, menurut pernyataan sumber dan foto satelit.

Baca Juga

Kota strategis Qusayr, terletak 35 km (12 mil) dari barat Homs dan 15 km (5 mil) dari perbatasan dengan Libanon, direbut oleh milisi yang didukung Iran pada tahun 2013, lansir Zaman Alwasl (14/1/2020).

Sebuah studi yang disiapkan tahun lalu oleh mantan perwira, yang merupakan bagian dari salah satu tim pelatihan “Hizbullah” selama misi militer oleh Angkatan Udara rezim Suriah, memberikan rincian lebih lanjut tentang drone “Hizbullah” dan ‘angkatan udara’ nya.

Al-Mersad 1

Nama Irannya adalah ‘Muhajir-2’, dan itu adalah aircraft pertama milik Iran yang diperoleh “Hizbullah” pada tahun 2002. Berat pesawat adalah 85 kilogram dan memiliki jangkauan penerbangan 50 kilometer. Pesawat bisa naik ke ketinggian maksimum 3300 meter. Pesawat dapat tetap terbang selama total 90 menit. Pesawat terbang dengan kecepatan 200 km/ jam. Pesawat mendarat di atas roda tetapi masih membutuhkan parasut untuk mendarat dengan aman. Pesawat ini diproduksi oleh perusahaan Al-Quds dan “Hizbullah” memiliki 4 pesawat pengintai dan 2 pesawat pelatihan.

Al-Mersad 2

Nama Irannya adalah Muhajir-4. “Hizbullah” telah memiliki pesawat jenis ini sejak tahun 2003, dan ini digunakan dalam perang pada tahun 2006. Perbedaan utama antara jenis ini dan Mersad-1, adalah bahwa ia dilengkapi dengan glider di bawah dan bukan ban, diluncurkan menggunakan trek rel dan membutuhkan parasut untuk mendarat secara efektif. “Hizbullah” memiliki 8 pesawat dan 4 rel dan “Israel” menembak jatuh satu dari pesawat ini beberapa waktu lalu.

Ayoub

Nama Irannya adalah Shahid 129, dan “Hizbullah” menggunakannya di dalam “Israel” pada 2012. Insiden itu diulangi pada 2013 dan beresonansi tinggi pada saat itu karena kemampuan pesawat untuk melakukan perjalanan jarak jauh. Pesawat ini dapat membawa 4 roket kecil, panjangnya 6 meter, dan sayapnya memiliki panjang 10,5 meter. Pesawat ini memiliki berat 450 kilogram, dan dapat membawa beban maksimum 150 kilogram. Pesawat terbang dengan kecepatan 170 km/ jam, dan dapat terbang selama maksimum 20 jam yang mencakup jarak sekitar 450 kilometer pada ketinggian 18.000 kaki. “Hizbullah” memiliki 4 pesawat ini dan “Israel” menjatuhkan satu.

Yasser

Ini adalah pesawat Yaser Iran, yang merupakan pesawat kecil yang memperkuat “Hizbullah” sejak 2006. Jumlah pesawat tersebut meningkat sejak dimulainya intervensi mereka di Suriah. “Hizbullah” saat ini memiliki 8 pesawat jenis ini.

Drone kecil

Drone ini buatan Cina, dan “Hizbullah” memiliki puluhan karena harganya yang murah dengan model kualitas terbaik tidak melebihi 1000 USD. Selain kemampuan pengintaiannya, pesawat ini dapat membawa bom kecil. “Hizbullah” menggunakan pesawat-pesawat ini di kota Khalsa di Aleppo.

Bom

Milisi Syiah Libanon menggunakan bom MCD-2 buatan Cina. Serangan pertama “Hizbullah” menggunakan pesawat tak berawak jenis ini di wilayah Suriah adalah pada tahun 2014, di mana ia digunakan di Qalamoun Barat.

Rami 1 Suicide

Ini adalah pesawat Iran Raad (Thunder-1). “Hizbullah” memiliki 10 jenis ini, dan pesawat-pesawat ini diluncurkan dari pangkalan pesawat yang sama dengan Mersad 1.

Basis peluncuran

Sebuah landasan pacu, area lepas landas, dan sebuah stasiun komando didirikan di daerah utara kota Iaat di Lembah Beqaa. Basis peluncuran terdiri dari strip pendaratan yang telah lama ditinggalkan yang disiapkan oleh “Hizbullah.

“Hizbullah”, juga, telah mendirikan helipad lain untuk Shahid-29 sekitar 10 kilometer dari selatan Hermel. Pesawat disimpan di gudang besar sekitar 2,5 kilometer di sebelah barat jalur pendaratan untuk menyembunyikannya dari pemantauan “Israel”. (haninmazaya/arrahmah.com)

Iklan

Iklan