Berita Dunia Islam Terdepan

Support Us

Kanselir Jerman: Berlin akan jadi tuan rumah pembicaraan damai Libya

123

BERLIN (Arrahmah.com) – Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan pembicaraan damai Libya akan diadakan di Berlin, ketika Turki dan Rusia mengimbau faksi-faksi yang bertikai Libya untuk memasuki gencatan senjata, lapor Reuters.

Selama konferensi pers bersama dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow pada Sabtu, Merkel mengatakan: “Kami berharap bahwa upaya bersama oleh Rusia dan Turki akan mengarah pada kesuksesan, dan kami akan segera mengirimkan undangan untuk konferensi di Berlin.”

Merkel menekankan bahwa PBB akan memimpin pembicaraan jika pertemuan akan diadakan di Berlin, dan bahwa pihak-pihak yang bertikai Libya perlu memainkan peran utama untuk membantu menemukan solusi.

Tujuannya adalah memberi Libya peluang untuk menjadi negara berdaulat dan damai, kata Merkel.

Putin menyatakan dukungan untuk proses tersebut, dengan mengatakan itu adalah ide ‘tepat waktu’ dan perlu untuk mengakhiri konflik di Libya.

Awal pekan ini Turki dan Rusia mendesak pihak-pihak yang bertikai Libya untuk mengumumkan gencatan senjata pada Ahad

Turki mendukung Fayez al-Serraj yang berbasis di Tripoli, yang diakui secara internasional oleh Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) dan telah mengatakan akan mengirim penasihat militer dan mungkin pasukan untuk memperkuat dukungannya, sementara kontraktor militer Rusia telah dikerahkan bersama Libia yang berbasis di timur Jenderal Khalifa Haftar, Libya. Tentara Nasional (LNA).

Menanggapi ditanya apakah dia mengetahui kehadiran tentara bayaran Rusia di Libya, Putin mengatakan: “Jika ada warga Rusia di sana, maka mereka tidak mewakili kepentingan negara Rusia dan mereka tidak menerima uang dari negara Rusia.”

(fath/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah