Berita Dunia Islam Terdepan

Citra satelit benarkan roket Iran mengoyak basis AS di Irak

1.877

Support Us

CALIFORNIA (Arrahmah.com) – Rudal Iran merusak atau menghancurkan tujuh bangunan di bagian pangkalan udara Ain al-Asad di Irak yang menampung personil militer AS, foto-foto satelit menunjukkan.

Dua gambar yang disediakan oleh perusahaan satelit komersial Planet Labs Inc., dan ditinjau oleh Reuters kemarin (9/1/2020), menunjukkan lima titik dampak rudal di bagian pangkalan itu.

Tingkat kerusakan dapat diukur dengan membandingkan foto-foto, yang diambil setelah serangan hari Rabu, dengan gambar dari 25 Desember tahun lalu.

Setidaknya tiga dari struktur tampaknya adalah gudang perawatan pesawat. Beberapa bangunan atau struktur telah sepenuhnya punah. Hanya sebagian yang tersisa.

“Mereka telah menargetkan bagian pangkalan Amerika. Mereka memang sengaja menghantamnya dan mereka berhasil,” kata Jeffrey Lewis dari Middlebury Institute of International Studies di Monterey, California.

Sementara itu, sebelumnya Presiden AS Donald Trump menyebut tidak ada warga Amerika yang menjadi korban serangan yang diakui Teheran sebagai balas dendam atas pembunuhan salah satu jenderalnya di Irak pekan lalu.

Pasca serangan, Teheran mengungkapkan hari Rabu (8/1) pihaknya sangat menghormati integritas teritorial Irak. Namun demikian, serangan yang terjadi pada dini hari yang sama itu (8/1) membuat Irak memutuskan untuk mengusir dubes Iran.

Dalam sebuah surat yang ditujukan untuk Dewan Keamanan dan Sekjen PBB Antonio Guterres, dubes Iran di PBB Majid Takht Ravanchi menyatakan negaranya menghormati sepenuhnya “independesi, kedaulatan, kesatuan, dan integritas teritorial Republik Irak.” (Althaf/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah