Berita Dunia Islam Terdepan

Iran luncurkan serangan rudal ke basis militer AS di Irak

2.082

Support Us

BAGHDAD (Arrahmah.com) – Televisi pemerintah Iran mengatakan Teheran telah meluncurkan “puluhan” rudal permukaan-ke-permukaan di pangkalan udara Ain Assad Irak yang menampung pasukan AS, sebagai pembalasan atas pembunuhan seorang jenderal Iran.

Laporan pada Rabu pagi (8/1/2020) menggambarkan operasi tersebut sebagai balas dendam Teheran atas pembunuhan pemimpin Garda Revolusi Iran, Jenderal Qassem Soleimani, lansir AP.

Pasukan AS belum memberikan komentar sejauh ini, dan tidak ada laporan mengenai korban jiwa atau luka-luka dalam serangan itu.

Berita Terkait

Pangkalan udara Ain Assad terletak di provinsi Anbar barat Irak. Pangkalan tersebut pertama kali digunakan oleh pasukan Amerika setelah invasi pimpinan AS 2003 yang menggulingkan diktator Saddam Hussein. Belakangan pasukan Amerika ditempatkan di sana di tengah perang melawan ISIS di Irak dan Suriah.

Laporan mengatakan nama operasi itu adalah “Marytr Soleimani.” Disebutkan bahwa divisi udara Garda Revolusi Iran, yang mengendalikan program rudal Iran, meluncurkan serangan itu.

Sementara itu, kerusuhan terjadi di pemakaman Soleimani, dan sedikitnya 56 orang tewas dan lebih dari 200 lainnya terluka ketika ribuan orang memadati upacara pemakaman.

Seruan kemarahan mencuat di Iran untuk membalas kematian Soleimani, secara drastis meningkatkan ketegangan di Timur Tengah.  (haninmazaya/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.