Ini penjelasan BMKG soal prediksi banjir rob Jakarta pekan depan

516

JAKARTA (Arrahmah.com) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi daerah pesisir Jakarta Utara akan mengalami air pasang maksimum pada 9 hingga 11 Januari 2020.

Pasang maksimum akan terjadi pada pukul 10.00 WIB pada 9 Januari, pukul 10.00-11.00 WIB pada 10 Januari dan pukul 11.00 WIB pada 11 Januari 2020.

Air pasang maksimum ini diduga akan mengakibatkan banjir rob dan bisa memperparah banjir di Jakarta.

Kepala Bidang Informasi Meteorologi Maritim Eko Prasetyo mengatakan daerah Muara Baru di Jakarta Utara bahkan bisa mengalami banjir rob dua kali dalam sebulan. Muara karang termasuk daerah yang langganan terkena banjir rob.

“Jakarta Utara dan beberapa pesisir Jawa Tengah seperti Pekalongan, Tegal, Semarang dan Surabaya sering terkena banjir rob. Tapi tidak semua daerah saat pasang maksimum terjadi banjir rob,” kata Eko, lansir CNNIndonesia.com, Jumat (3/1/2020).

Menurut Eko, tidak hanya di musim hujan, pasang sudah biasa terjadi setiap hari. Ia menjelaskan, sesungguhnya pasang surut maksimum dapat terjadi dua kali dalam sebulan, yaitu pada awal, pertengahan, dan akhir bulan hijriah.

“Tidak semua daerah mengalami banjir rob saat pasang karena setiap daerah memiliki ambang batas air yang berbeda. Akan tetapi, curah hujan ekstrem pada saat pasang biasa juga bisa menyebabkan banjir rob. Kemungkinan banjir rob semakin meningkat ketika curah hujan ekstrem yang bersamaan kejadiannya dengan pasang maksimum,” terang Eko.

“Karena walaupun tidak ekstrem pasangnya tapi juga berdampak ketika terjadi hujan deras,” imbuhnya.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.