Berita Dunia Islam Terdepan

4.000 tentara AS menarik diri dari Afghanistan

754

Support Us

WASHINGTON (Arrahmah.com) – AS berencana untuk menarik sekitar 4.000 tentaranya dari Afghanistan, Voice of America melaporkan, mengutip pernyataan pejabat Afghanistan.

Penarikan itu bisa dimulai sekitar tiga bulan dari sekarang di bawah “pengertian antara kedua negara sekutu”, ujar situs berita tersebut, mengutip Dawa Khan Meenapal, juru bicara Presiden Afghanistan Ashraf Ghani.

Media AS lainnya mengatakan penarikan pasukan bisa diumumkan paling cepat minggu depan.

Presiden Donald Trump sebelumnya menekankan niatnya untuk mengurangi kehadiran pasukan di Afghanistan, di mana 12.000-13.000 tentara AS saat ini bertugas dalam perang yang telah berlangsung belasan tahun.

“Kami akan turun ke 8.600 dan kemudian kami membuat keputusan dari sana tentang apa yang terjadi,” kata Trump kepada radio Fox News pada bulan Agustus. “Kami akan menurunkannya.”

Pada awal September, Trump menyatakan pembicaraan damai dengan Taliban “mati” menyusul serangan di ibu kota Kabul yang menewaskan belasan orang, termasuk seorang anggota militer AS.

Tetapi selama kunjungan dadakan akhir November lalu ke pasukan AS di Afghanistan, Trump mengatakan pembicaraan telah dilanjutkan.

“Taliban ingin membuat kesepakatan, dan kami akan bertemu dengan mereka,” katanya. (haninmazaya/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Iklan