Setelah 3 pekan jeda, Great March of Return kembali dilanjutkan

Warga Palestina berkumpul di pagar pemisah untuk Great March of Return pada hari Jumat 6 Desember 2019 [Mohammed Asad / MEMO]
222

GAZA (Arrahmah.com) – Komisi Tinggi Great March of Return dan Pemutusan Pengepungan Gaza memperingatkan “Israel” pada Jumat agar tidak menargetkan pawai, yang dijadwalkan untuk dilanjutkan pada Jumat setelah penghentian tiga minggu, Anadolu Agency melaporkan.

Komisi yang dibentuk oleh faksi-faksi Palestina di Gaza mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pawai besar akan kembali, memanggil warga Palestina untuk berpartisipasi dalam demonstrasi yang dijuluki “Pawai berlanjut”.

Setelah “Israel” meningkatkan serangan terhadap Gaza bulan lalu, komisi mengumumkan penangguhan pawai kembali untuk menghindari korban di antara warga Palestina karena “Israel” akan menargetkan para demonstran.

Sejak unjuk rasa Gaza dimulai pada Maret tahun lalu, hampir 270 pengunjuk rasa telah gugur – dan ribuan lainnya terluka – oleh pasukan “Israel” di daerah pagar keamanan di sekitar Gaza.

Demonstran menuntut diakhirinya blokade “Israel” berusia 13 tahun di sekitar Jalur Gaza, yang telah menghancurkan ekonomi daerah kantong pantai dan merampas dua juta penduduknya dari pergerakan bebas masuk dan keluar dari Gaza, mencegah masuknya banyak fasilitas dasar.

(fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.