Berita Dunia Islam Terdepan

Libanon memohon bantuan ke Jerman, Inggris, dan Spanyol

1.074

Support Us

BEIRUT (Arrahmah.com) – Libanon meminta Jerman, Inggris, dan Spanyol untuk membantu mengimpor barang-barang penting karena bergulat dengan krisis ekonomi akut dan kekurangan mata uang, kata kantor sementara Perdana Menteri sementara Saad al-Hariri mengatakan, lapor Reuters.

Hariri menulis kepada para pemimpin Jerman, Inggris dan Spanyol pada hari Sabtu untuk meminta bantuan dalam mengamankan kredit untuk impor, setelah mengajukan permohonan yang sama pada hari Jumat ke Arab Saudi, Perancis, Rusia, Turki, Amerika Serikat, Cina, dan Mesir.

Surat-surat itu adalah bagian dari upaya untuk “mengatasi kekurangan likuiditas dan untuk mengamankan kebutuhan impor dasar bagi warga negara untuk mengamankan ketahanan pangan dan bahan baku untuk produksi”, kantornya mengatakan.

Krisis ekonomi Libanon, yang terburuk sejak perang saudara 1975-90, telah meningkat menjadi krisis keuangan sejak meletusnya protes terhadap elit penguasa pada Oktober.

Krisis ekonomi berakar pada puluhan tahun korupsi dan pemborosan yang menjadikan Libanon salah satu negara yang paling berhutang budi di dunia.

Berita Terkait

Hariri, yang menjalankan pemerintahan sementara, mengundurkan diri sebagai perdana menteri pada 29 Oktober, dipicu oleh protes yang bertujuan korupsi.

Konsensus muncul pekan ini di sekitar pengusaha Samir Khatib sebagai perdana menteri baru dan dia diharapkan ditunjuk pada hari Senin kecuali jika politik Lebanon yang bergejolak membawa kejutan sebelumnya.

Sistem sektarian Libanon mengharuskan perdana menteri menjadi Muslim Sunni. Ketua Parlemen Nabih Berri, tokoh terkemuka Syiah di negara bagian itu, mengatakan ia akan mencalonkan Khatib.

“Saya awalnya akan mencalonkan Perdana Menteri Saad al-Hariri atau orang yang ia dukung untuk membentuk pemerintah, dan mengingat bahwa ia mendukung Insinyur Samir Khatib, saya akan mencalonkan Samir Khatib,” katanya kepada surat kabar al-Joumhouria.

(fath/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah