'Israel' dan Republik Ceko tandatangani kesepakatan pertahanan rudal senilai $ 125 juta

Tentara "Israel" berjalan di dekat sistem pertahanan Irone Dome "Israel" pada 25 Februari 2016 [AFP / Gil Cohen-Magen / Getty]
158

TEL AVIV (Arrahmah.com) – Zionis “Israel” pada Kamis (5/12/2019) menandatangani perjanjian dengan Republik Ceko untuk menjual sistem radar yang digunakan dalam sistem pertahanan rudal Iron Dome.

Kesepakatan itu, yang ditandatangani oleh kementerian pertahanan masing-masing negara, bernilai sekitar $ 125 juta, lapor AFP, dengan pengiriman ditetapkan untuk 2021-2023.

Menurut laporan itu, “radar akan diintegrasikan ke dalam sistem pertahanan udara Ceko yang akan menggunakan peluncur roket Praha sendiri.”

Selain itu, radar “akan dapat dioperasikan dengan sistem komando dan kontrol Ceko dan NATO.”

Menteri Pertahanan Ceko Lubomir Metnar menggambarkan akuisisi tersebut sebagai “proyek modernisasi utama” pemerintahnya untuk angkatan bersenjata negara itu.

Dia menambahkan bahwa kesepakatan itu akan membantu memulai “proses untuk mengakhiri ketergantungan kita pada mesin Rusia yang sudah usang dan pada saat yang sama memperoleh sistem yang modern dan teruji pertempuran dari mitra strategis jangka panjang.”

Di bawah Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, “Israel” telah mengejar hubungan yang lebih dekat dengan sejumlah negara Eropa timur, termasuk pemerintah yang dipimpin atau dipengaruhi oleh kaum nasionalis kanan-keras.

Netanyahu melihat ikatan seperti itu sebagai penyeimbang terhadap pendekatan yang diambil oleh negara-negara Eropa lainnya terhadap masalah Palestina, menciptakan perpecahan di dalam Uni Eropa atas kebijakan dan pernyataan.

Sebagaimana dinyatakan oleh AFP, “sistem Iron Dome dikembangkan oleh Sistem Pertahanan Tingkat Lanjut Rafael Israel, dengan dana Amerika”, dan “dirancang untuk mencegat roket dan peluru artileri yang ditembakkan dari jarak empat hingga 70 kilometer”. Angkatan udara “Israel” telah mengoperasikannya sejak 2011.

(fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.