AS: Netanyahu dan Pompeo akan bertatap muka di Lisbon minggu ini

U.S. Secretary of State Mike Pompeo and Israeli Prime Minister Benjamin Netanyahu attend a meeting in Jerusalem, Friday, October 18, 2019. Sebastian Scheiner/Pool via REUTERS
57

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Perdana Menteri “Israel” Benjamin Netanyahu akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo pada Rabu (4/12/2019) di Lisbon, Departemen Luar Negeri AS mengatakan pada Selasa (3/12).

Pompeo, yang mendampingi Presiden Donald Trump di KTT Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di London, akan berada di Lisbon pada Rabu dan Kamis dan akan bertemu dengan Perdana Menteri Portugis Antonio Costa dan Menteri Luar Negeri Augusto Santos Silva, kata departemen dalam sebuah pernyataan.

Pembicaraan yang diatur dengan tergesa-gesa dengan diplomat tinggi sekutu terdekatnya, “Israel”, dapat ditujukan untuk memberi Netanyahu dorongan politik di dalam negeri.

Politik “Israel” berantakan setelah pemilihan umum yang tidak meyakinkan pada bulan April dan September dan kegagalan Netanyahu serta penantang utamanya, Benny Gantz, untuk mengamankan mayoritas yang berkuasa di legislatif. Netanyahu juga menghadapi dakwaan korupsi, tuduhan yang dia bantah tegas.

Pompeo dan Netanyahu diperkirakan akan berbicara tentang ancaman dari Iran, di antara masalah yang dibahas pemimpin “Israel” dalam pembicaraan telepon dengan Trump pada hari Minggu lalu.

Netanyahu memuji Pompeo bulan lalu atas pengumuman pelunakan posisi lama AS soal permukiman “Israel” di Tepi Barat yang diduduki. Pompeo menyatakan bahwa Washington tidak lagi menganggap permukiman Yahudi sebagai pelanggaran hukum internasional, suatu perubahan kebijakan yang mendapat kecaman dari para pemimpin Palestina dan Arab. (Althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.