Kalahkan Ridwan Kamil. Anies terpilih jadi Ketum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia

573

JAKARTA (Arrahmah.com) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terpilih menjadi Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) periode 2019-2023 mengalahkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melaui voting suara terbanyak.

Pemilihan itu berlangsung dalam Musyawarah Nasional APPSI Tahun 2019 di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (26/11/2019).

Anies terpilih usai dua kali pemungutan suara atau voting. Voting dilakukan karena musyawarah tak mencapai mencapai titik temu. Pemungutan suara melibatkan 23 daerah karena 11 daerah lainnya tak diwakili oleh gubernur, melainkan perwakilan.

Dalam proses voting, Anies mengalahkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan perolehan suara 13 berbanding 9. Sementara satu orang gubernur abstain.

Anies akan menjabat sebagai Ketua Umum APPSI menggantikan Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola.

Longki menjadi ketua umum sementara menggantikan Soekarwo yang telah menyelesaikan jabatan sebagai Gubernur Jawa Timur.

Usai terpilih, Anies menyampaikan terima kasih atas dukungan beberapa kepala daerah. Ia berjanji akan fokus menjalankan sepuluh program kerja yang dirumuskan dalam kesempatan tersebut.

“Saya sampaikan ke semua ini sebuah kehormatan dan saya sampaikan ini fardu kifayah; kalau ada yang sudah melakukan maka terbebas. Saya katakan insyaallah akan melakukan tugas sebaik-baiknya aspirasi yang banyak disampaikan tadi,” tutur Anies saat ditemui usai Munas APPSI.

APPSI adalah asosiasi koordinasi antar-pemprov yang didirikan 6 Juni tahun 2000 di Jakarta. Anggota APPSI adalah pemerintah provinsi yang diwakili oleh gubernur dari 34 wilayah provinsi di Indonesia.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.