Berita Dunia Islam Terdepan

Mesir dukung pembentukan negara Palestina

250

Support Us

KAIRO (Arrahmah.com) – Mesir mendukung pembentukan negara Palestina dengan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya, kata menteri luar negeri Mesir, Sameh Shoukry.

“Pemerintah Mesir mendukung pembentukan negara Palestina di perbatasan tanah yang direbut oleh ‘Israel’ pada 1967, dengan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya,” kata Shoukry kepada menteri luar negeri Arab dalam pertemuan Liga Arab di Kairo.

Pada kegiatan pemukiman “Israel” baru-baru ini, ia menekankan bahwa sikap negaranya “konsisten dan tidak berubah,” menambahkan bahwa pemukiman itu “ilegal dan melanggar hukum internasional.”

Pada hari Senin, Sekretaris Negara AS, Mike Pompeo, mengatakan bahwa Washington mendukung hak “Israel” untuk membangun permukiman Yahudi di Tepi Barat yang diduduki, dengan mengatakan bahwa “tidak konsisten dengan hukum internasional.”

Pengumuman – yang dikutuk oleh Palestina, pemerintah Arab dan Uni Eropa (UE) – menandai contoh utama ketiga di mana pemerintah AS telah memihak “Israel” dan melawan hukum internasional bahkan sebelum mengungkap rencana perdamaian “Israel”-Palestina yang telah lama tertunda.

Pada 2017, Presiden AS Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota “Israel” dan, sementara pada 2018, Washington secara resmi membuka kedutaan di kota itu. Dan pada bulan Maret, Trump mengakui pencaplokan Dataran Tinggi Golan “Israel” tahun 1981 sebagai dorongan untuk Perdana Menteri “Israel” Benjamin Netanyahu yang mendorong tanggapan tajam dari Suriah, yang tanahnya berada di bawah hukum internasional.

(fath/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Iklan