4.000 anak ditangkap di Mesir sejak kudeta

Polisi anti huru hara Mesir menangkap seorang pengunjuk rasa di Kairo, Mesir, 5 Maret 2013 [Tareq al-Gabas / Apaimages]
225

KAIRO (Arrahmah.com) – Sekitar 4.000 anak-anak Mesir telah ditahan secara sewenang-wenang di Mesir sejak kudeta tahun 2013, demikian diungkapkan empat organisasi hak asasi manusia.

Organisasi-organisasi itu mendokumentasikan 111 penangkapan terhadap anak-anak selama protes yang berlangsung pada 20 September menyusul seruan yang dilakukan oleh aktor dan kontraktor Mohamed Ali.

Organisasi-organisasi itu menunjuk ke “pelanggaran yang telah dilakukan terhadap anak-anak, yang menderita pelecehan psikologis, moral, sosial dan ekonomi, sebagai akibat dari pembalasan politik yang dilakukan oleh dinas keamanan terhadap orang tua mereka. Anak-anak ini telah ditolak perawatan keluarga yang diperlukan, mengikuti pemenjaraan orang tua mereka dengan tuduhan politik, di samping dicegah untuk mengunjungi dan berkomunikasi dengan mereka. ”

“Meskipun ada teks-teks hukum mengikat yang mewajibkan pemerintah untuk melindungi dan merawat anak-anak, selain memberikan perhatian besar kepada mereka sesuai dengan ketentuan dalam Konstitusi Mesir, undang-undang nasional dan konvensi internasional, tidak ada implementasi nyata dari ketentuan-ketentuan di lapangan, ”mereka memperingatkan.

Organisasi-organisasi tersebut menekankan bahwa “kepentingan internasional terhadap kesejahteraan dan perlindungan anak-anak tidak diterjemahkan oleh kebijakan pemerintah Mesir, bahkan jika pejabat Mesir berpura-pura tertarik dengan masalah ini. Namun, situasi di lapangan menunjukkan sebaliknya. ”

(fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.