Turki minta Jerman dan AS serahkan pemimpin YPG

Komandan Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang dipimpin Kurdi, Mazloum Kobani [Twitter]
261

ANKARA (Arrahmah.com) – Turki meminta Jerman dan Amerika Serikat (AS) untuk mengekstradisi komandan Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang dipimpin Kurdi, Mazloum Kobani.

“Kami telah meminta penangkapan dan ekstradisi Kobani dari negara-negara terkait ke negara kami, setelah media melaporkan bahwa ia akan melakukan perjalanan ke AS dan Jerman,” Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan kepada CNN Türk.

Kobani baru-baru ini menuduh Turki “bekerja untuk mendorong ISIS untuk berkumpul kembali,” memperingatkan bahwa agresi Turki di perbatasan dengan Suriah telah memberi ISIS “harapan untuk membentuk kembali elemen-elemennya”.

Ankara memandang YPG, komponen utama Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang didukung AS, sebagai kelompok teroris yang memiliki hubungan dengan militan Kurdi di Turki.

Turki meluncurkan serangan militer ketiganya ke timur laut Suriah bulan lalu untuk mengusir para pejuang Kurdi YPG dari perbatasannya dan membangun “zona aman” di mana negara itu bertujuan untuk menampung hingga dua juta pengungsi Suriah.

(fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.