Meski geram soal Kashmir, Tiongkok tetap undang Modi bertandang tahun depan

Chinese President Xi Jinping and Indian Prime Minister Narendra Modi shake hands as they visit the Hubei Provincial Museum in Wuhan, Hubei province, China April 27, 2018. China Daily via REUTERS/File Photo
171

BEIJING (Arrahmah.com) – Presiden Cina Xi Jinping telah mengundang Perdana Menteri India Narendra Modi untuk mengunjungi Cina lagi tahun depan setelah dua pertemuan puncak informal antara keduanya di masing-masing negara, meskipun ada ketidaksepakatan yang mendalam mengenai wilayah Kashmir yang disengketakan.

Xi dan Modi bertemu di India selatan bulan lalu, setelah pertemuan puncak informal pertama mereka di Cina tahun lalu ketika keduanya berusaha untuk menempatkan hubungan mereka yang sering menegang kembali ke jalurnya.

Tetapi sedikit lebih dari dua minggu kemudian, kedua negara jatuh ke dalam sengketa diplomatik atas Kashmir setelah India secara resmi mencabut otonomi dan membaginya menjadi dua wilayah federal dalam upaya untuk mengintegrasikannya sepenuhnya ke India.

Pertemuan di Brasil di sela-sela pertemuan negara-negara BRICS – Brasil, Rusia, India, Cina, dan Afrika Selatan – Xi mengatakan kepada Modi bahwa dia bersedia mempertahankan komunikasi yang erat “untuk memandu perkembangan hubungan Cina-India yang lebih baik dan lebih stabil.”

“Keduanya harus meningkatkan rasa saling percaya politik, mengelola perbedaan dengan tepat, dan memperluas kerja sama praktis untuk memandu perkembangan hubungan bilateral yang lebih baik dan lebih stabil,” kata Xi, menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri Cina yang dirilis pada Kamis (14/11/2019).

“2020 akan segera datang, dan saya berharap hubungan Cina-India akan mencapai perkembangan baru dan lebih besar di tahun baru,” kata pernyataan yang dikutip Xi. “Saya menyambut anda untuk datang ke Cina untuk pertemuan lain tahun depan.”

Dalam pernyataannya, Cina tidak menyebutkan Kashmir. (Althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.