Berita Dunia Islam Terdepan

Gempa bumi magnitudo 5,1 guncang Ambon, disertai gempa susulan

127

Support Us

AMBON (Arrahmah.com) – Gempa bumi dengan magnitudo 5,1 mengguncang Ambon, Maluku, Selasa (12/11/2019) sekitar pukul 17.10 WIB.

Menurut Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa ini memiliki lokasi 3.49 Lintag Selaran dan 128.35 Bujur Timur atau 25 km TimurLaut Ambon, Maluku.

Gempa ini memiliki kedalaman 10 Km dan tidak berpotensi tsunami. Sejumlah gempa susulan sempat terjadi sedikitnya lima kali dengan kekuatan 3,3 sampai 2,7 magnitudo.

Belum diketahui akibat dampak gempa 5,1 magnitudo yang disertai sejumlah susulan tersebut.

BMKG mencatat Jenis gempa ini merupakan jenis gempa dangkal yang diakibatkan oleh aktivitas sesar aktif.

“Episenter terletak pada koordinat 3.49 LS dan 128.35 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 29 km arah Timur Laut Kota Ambon, pada kedalaman 10 km,” kata Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono, Selasa (12/11).

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini memiliki mekanisme pergerakan mendatar (strike slip ). Guncangan gempa disebut Daryono dirasakan di daerah Ambon dan Kairato pada skalai intensitas IV MMI.

“IV MMI dimana guncangan dirasakan oleh orang banyak. Banyak warga Ambon berhamburan lari keluar rumah akibat adanya guncangan kuat yang terjadi secara tiba-tiba ini,” terangnya.

(ameera/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Iklan