Iran diguncang gempa, sedikitnya 5 orang tewas

129

TEHERAN (Arrahmah.com) – Sebuah gempa berkekuatan 5.9 Skala Richter mengguncang Iran Baratlaut pada Jumat pagi (8/11/2019), menewaskan sedikitnya lima orang dan melukai lebih dari 300 orang lainnya.

Badan Seismologi Iran mengungkapkan, gempa tersebut mengguncang Kabupaten Tark, di Provinsi Azerbaijan Timur, pukul 2.17 pagi waktu setempat. Kawasan kabupaten itu terletak sekitar 400 kilometer dari baratlaut ibukota Iran, Teheran.

Lebih dari 40 gempa susulan mengguncang kawasan pedesaan di Pegunungan Alborz Mountains. Penduduk berlarian ke luar rumah karena ketakutan.

Televisi pemerintah melaporkan, sedikitnya 312 orang terluka, namun hanya 13 orang yang membutuhkan perawatan rumah sakit. Televisi itu menjelaskan, banyak di antara korban mengalami cidera saat berlarian ke luar rumah mereka karena panik.

Tim-tim SAR telah dikerahkan ke kawasan itu, kata sejumlah pejabat. Televisi pemerintah melaporkan, gempa itu menghancurkan 30 bangunan rumah di wilayah pusat gempa.

Menurut Survei Geologi AS, pusat gempa berada pada kedalaman 10 kilometer. Gempa-gempa dangkal seperti itu cenderung menimbulkan lebih banyak kerusakan.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.