"Israel" telah mencaplok 90 persen Lembah Jordan

Seorang warga Palestina tengah menggembalakan ternaknya di Lembah Jordan, dekat desa al-Fasayil
270

LEMBAH JORDAN (Arrahmah.com) – Sekretaris Jenderal Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina mengatakan bahwa pendudukan “Israel” telah mencuri 90 persen Lembah Jordan, Felesteen.ps melaporkan.

Saeb Erekat berkomentar selama konferensi pers setelah tur yang diselenggarakan bersama oleh Kementerian Informasi Palestina dan departemen pengungsi PLO di daerah tersebut.

“Bahaya terbesar menyangkut Lembah Jordan dan pemukiman ‘Israel’ adalah upaya ‘Israel’ untuk memperluas kedaulatannya atas Lembah itu dengan alasan keamanan yang ditujukan untuk memperketat pembatasan pada Palestina,” kata pejabat veteran PLO itu. Dia menunjukkan bahwa negara pendudukan telah mengambil sekitar $ 450 juta properti yang dicuri dari penduduk Palestina setempat.

Erekat mengatakan “Israel” memperkuat pemukiman ilegal di Lembah Jordan dan mencuri sumber air milik Palestina dalam kemitraan dengan perusahaan internasional. Dia juga menyerukan Dewan Hak Asasi Manusia PBB untuk menghasilkan database yang terkait dengan kendali “Israel” atas Lembah Jordan “terlepas dari jumlah tekanan AS untuk tidak melakukannya.”

Lembah Jordan adalah sekitar 1,6 juta dunam (1.600 km2) di daerah itu, dan merupakan sekitar 30 persen dari total Tepi Barat yang diduduki. Menurut laporan pemerintah sebelumnya, Lembah itu mencakup sekitar 280.000 dunam tanah subur, 50.000 di antaranya masih digunakan oleh Palestina dan 27.000 oleh pemukim Yahudi ilegal.

(fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.