Enam gunung di Jatim dan dua gunung di Jabar dilanda kebakaran

679

SURABAYA (Arrahmah.com) – Tercatat ada enam gunung di Jawa Timur yang dilanda hutan. Para petugas gabungan masih berupaya memadamkan api.

Informasi tersebut disampaikan Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Jatim Satriyo Nur Seno. Enam Gunung tersebut tersebar di beberapa kabupaten. Mulai dari Pasuruan, Batu, Kediri, Situbondo hingga Banyuwangi.

“Ada Arjuno Welirang, Ijen, Argopuro, Semeru, Bromo, Wilis,” kata Satriyo, sebagaimana dilansir Detikcom, Senin (21/9/2019).

Satriyo mengungkapkan, upaya pemadaman kebakaran terkendala angin kencang. Selain itu, lahan kebakaran yang cukup luas dan medan yang terjal juga turut menyulitkan tim.

Satriyo menambahkan, pihaknya juga tengah menangani bencana angin kencang di Kota Batu yang menelan satu korban jiwa. Kemudian lebih dari seribu warga mengungsi.

Diketahui, kobaran api di Gunung Arjuno-Welirang meluas hingga mencapai ribuan hektare. Sementara di beberapa gunung lainnya, hingga kini petugas masih melakukan pembasahan dan menutup seluruh jalur pendakian.

Kebakaran juga melanda Gunung Cengkik dan Gunung Sirnalanggeng di Kecamatan Tegalwaru, Karawang, Jawa Barat, Senin (21/10/2019) siang. Penyebab kebakaran masih diselidiki.

Api pun sempat merambat ke area permukiman. Beruntung, petugas pemadam kebakaran dibantu warga dan pemerintah setempat bertindak cepat.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.