Pence: Turki dan AS setujui gencatan senjata di timur laut Suriah

Wakil Presiden AS Mike Pence.
252

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Turki telah menyetujui gencatan senjata lima hari di Suriah timur laut untuk memungkinkan penarikan pasukan Kurdi, Wakil Presiden AS Mike Pence mengatakan setelah pembicaraan dengan Presiden Turki Tayyip Erdogan, lapor Reuters.

“Hari ini Amerika Serikat dan Turki telah sepakat untuk gencatan senjata di Suriah,” kata Pence pada konferensi pers setelah lebih dari empat jam perundingan di istana presiden di Ankara.

Pence telah terbang ke Turki untuk menyerukan penghentian operasi militer lintas-perbatasan Turki, yang disebut Operasi Perdamaian Musim Semi, di mana Turki telah bertujuan untuk membersihkan para pejuang Kurdi Suriah dari YPG dari “zona aman” sejauh 20 mil (32 km) di sepanjang perbatasan. .

“Pihak Turki akan menghentikan Operasi Perdamaian Musim Semi untuk memungkinkan penarikan pasukan YPG dari zona aman selama 120 jam,” kata Pence.

“Semua operasi militer di bawah Operasi Perdamaian Musim Semi akan dihentikan sementara, dan Operasi Perdamaian Musim Semi akan dihentikan sepenuhnya pada saat penyelesaian penarikan,” katanya.

Turki menganggap YPG / PKK sebagai organisasi teroris.

(fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.